SMK KEHUTANAN NEGERI MAKASSAR

     SMK KEHUTANAN NEGERI MAKASSAR inilah tempatku menimba ilmu dan memulai langkah untk mencapai tujuanku kedepannya. Dari pas setelah UN di SMP saya tidak pernah terpikir ingin masuk ke sekolah ini. Yang ada di pikiran saya waktu itu hanyalah beberapa sekolah yang memang waktu itu sudah saya targetkan untuk melanjutkan pendidikanku nanti di SMA/SMK dan saya tidak pernah berpikir mengenai SMK KEHUTANAN NEGERI MAKASSAR dan memang waktu itu saya belum tau bahwa ada sekolah yang seperti ini.
        Informasi mengenai sekolah ini saya dapat dari keluarga ibu yang bekerja disalah satu instansi atau kantor kehutanan, dan pada saat itu pula saya dianjurkan olehorang tua untuk masuk ke sekolah ini. Pertamanya memang saya tidak mau , karena berdasarkan dari informasi orang tua SMKK NEGERI MAKASSAR ini menganut sistem Boarding School (Sekolah Asrama), kedisiplinannya yang tinggi, agak semi militer, dan juga namanya yang sebenarnya waktu itu paling membuat saya bingung “KEHUTANAN” , memangnya kita mau apa disekolah seperti ini?? Kita mau belajar dihutan?? Kita mau jadi orang utan?? dan seperti itu jugalah pikiran orang-orang diluar sana yang belum tau penuhmengenai SMKK NEGERI MAKASSAR ini.
       Dan akhirnya saya menuruti saran orang tua untuk mendaftar di SMKK NEGERI MAKASSAR ini. Dan selama tes berlangsung saya tidak pernah punya perasaan optimis untuk dapat diterima disekolah ini, karena banyaknya persaingan yang lebih dari 400-an siswa/i dan hanya ada 64 orang yang akan diterima, tapi yang ada dipikiran saya waktu itu adalah “saya harus memberikan yang terbaik, meskipun saya tidak diterima yang terpenting adalah saya sudah berusaha penuh untuk mengambil langkah sesuai ridho dari orang tua”. Dan tak disangka-sangka pada saat pengumuman kelulusan keluar, ternyata nama saya terpampang dikertas putih itu bersama dengan 63 siswa/i lainnya yang diterima menjadi siswa/i SMKK NEGERI MAKASSAR Ank. IV. Berita inipun langsung saya beritahukan kepada orang tua dan betapa bahgianya mereka mendengar kabar ini.
      Hari-hari demi hari di SMKK NEGERI MAKASSAR kujalani, dan ternyata tak seperti yang dikatakan orang diluar sana mengenai SMKK NEGERI MAKASSAR. Semua itu punya makna tersendiri untuk mempersiapkan diri dari siswa/i SMKK NEGERI MAKASSAR sendiri untuk mengahadapi dunia kerja diluar sana. Oleh sebab itu, saya akan men-share beberapa informasi mengenai SMKK NEGERI MAKASSAR 🙂 Semoga bermanfaat !

Sejarah Singkat

Time Line
SMK Kehutanan Negeri Makassar yang dahulu bernama SKMA Ujung Pandang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang terbentuk melalui MoU antara Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Kehutanan. SMK Kehutanan Negeri Makassar menerapkan sistem Boarding School (siswa diwajibkan tinggal di asrama selama masa studi) dengan orientasi kecerdasan intelektual, spritual dan emosional. Berikut  perjalanan/sejarah berdirinya SMK Kehutanan Negeri Makassar dengan Time Line

Visi :
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan adalah “Tersedianya tenaga teknis menengah kehutanan yang profesional, mandiri dan berakhlak mulia serta siap memasuki lapangan kerja nasional maupun internasional”.
Misi :
  1. Menjadikan SMK Kehutanan Makassar sebagai basis sumberdaya manusia kehutanan yang Kompoten, Inovatif, Kreatif, Profesional dan mandiri serta berahlak mulia.
  2. Meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan dan pelayanan yang berbasis IT, akuntabel dan transparansi sesuai mekanisme hukum yang berlaku.
  3. Memantapkan kelembagaan pendidikan menengah kejuruan kehutanan sesuai dengan standar penyelenggaraan pendidikan nasional dan internasional yang berkualitas dengan tetap mengedepankan aspek pendidikan.
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan pada multy stake holder untuk kepentingan pendidikan, wirausaha dan lapangan kerja.
Tujuan dan Sasaran :
Tujuan yang akan dicapai dalam rangka melaksanakan setiap misi adalah sebagai berikut :
  1. Terselenggaranya pendidikan menengah kejuruan kehutanan berbasis Kurikulum KTSP yang inovatif dan kreatif, dengan menerapkan sistem IT, yang mempu menghasilkan siswa yang kompoten dan berahlak mulia serta sesuai kebutuhan multy stake holder.
    Sasaran :
    • Diperoleh suatu kurikulum dan sistem pembelajaran yang berbasis IT dan dasar agama serta karakter bangsa.
    • Diperoleh siswa didik yang sesuai dengan standart SMK Kehutanan Makassar.
    • Meluluskan siswa yang kompoten, profesional, inovatif, kreatif dan berahlak mulia.
  2. Penaingkatan kualitas dan efektifitas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dalam pelayanan.
    Sasaran :
    • Tersusunnya dokumen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang akun tabel.
    • Terlaksananya system administrasi kepegawaiaan, barang inventaris,keuangan dan pengarsipan.
    • Terlaksananya kegiatan pengawasan kegiatan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.
  3. Meningkatnya kapasitas dan kapabilitas SDM pelaksanaan kegiatan dan pengelola pendidikan, SMK Kehutanan Makassar.
    Sasaran :
    • Pengadaan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan secara efektif dan efisien,
    • Pengembangan sarana prasarana pendidikan dan pendukung lainnya.
    • Peningkatan peralatan pembelajaran, perkantoran, asrama dan barang inventaris pendukung lainnya.
    • Peningkatan dan pemanfaatan sarana informasi teknologi.
  4. Terlaksanannya kerja sama lembaga pendidikan SMK Kehutanan Makassar dalam memenuhi sumberdaya manusia yang kompeten pada skala nasional dan internasional.
    Sasaran :
    • Terbentuknya kerjasama yang saling menguntungkan pada multistake holders untuk pendidikan.
    • Terbentuknya unit usaha dan lapangan kerja yang berkaitan dengan sektor Kehutanan dan sektor lain.
Profil SMK Kehutanan Negeri Makassar
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu bagian Sistem Pendidikan Nasional memiliki peran strategis dalam menyiapkan tenaga kerja yang profesional dan terampil serta siap berkompetisi dalam merebut pasar tenaga kerja
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan yang sebelumnya bernama Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) bertujuan menyiapkan peserta didik untuk berperan dalam mendukung pembangunan sektor kehutanan. SMK Kehutanan diselenggarakan dan dibina oleh Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
SMK Kehutanan Makassar melayani 8 propinsi (Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng, Gorontalo, Sulut, NTT dan NTB).
Kompetensi keahlian yang dikembangkan SMK Kehutanan Makassar meliputi ; Kompetensi dalam Bidang Perencanaan Hutan (Planologi) dan Konservasi Sumberdaya Alam
Lulusan SMK Kehutanan diarahkan untuk:
  • Menciptakan lapangan kerja (Wirausaha);
  • Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi;
  • Bekerja di Dunia Usaha/Dunia Industri;
  • Bekerja di Instansi Pemerintah.
Lulusan SMK Kehutanan dipersiapkan sebagai tenaga teknis menengah yang profesional dan siap pakai untuk melaksanakan pembangunan sektor kehutanan.
Sistem Pendidikan dan Pembinaan yang diterapkan:
  • SMK Kehutanan Makassar adalah Lembaga Pendidikan Formal Tingkat Menengah Kejuruan dan bukan merupakan sekolah kedinasan.
  • SMK Kehutanan Makassar mengembangkan pendidikan berbasis kompetensi dengan lama pendidikan 4 (empat) tahun.
  • SMK Kehutanan Makassar menganut sistem Boarding School. Selama pendidikan siswa wajib tinggal di asrama.
  • Setiap calon siswa yang lulus dan diterima menjadi siswa SMK Kehutanan Makassar wajib mengikuti Program Pendidikan Dasar Kewiraan / Masa Orientasi Siswa (MOS) yang berorientasi pada pembentukan fisik, mental, dan disiplin siswa di bawah bimbingan dan arahan guru / instruktur yang memahami perkembangan psikologis peserta didik.
  • Sistem Pendidikan dan Pembinaan berorientasi kepada pengembangan kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional
Selama mengikuti pendidikan di SMK Kehutanan Makassar, siswa dibebaskan dari biaya SPP, Pembangunan, buku pelajaran, pemondokan (asrama).
Biaya-biaya yang ditanggung oleh orang tua/wali siswa adalah iuran OSIS, iuran Pramuka dan biaya hidup sehari-hari (makan, pakaian seragam sekolah/tahun, alat tulis, transport, asuransi kesehatan dan keperluan pribadi lainnya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s